Rabu, 02 Juli 2014

Apakah KKM udah Sesuai dengan Fungsinya ???

 
KKM (kriteria ketuntasan minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan (lulus). KKM ditetapkan setiap awal tahun pelajaran dengan memperhatikan 3 aspek dasar (intake, kompleksitas, daya dukung).
Sesuai dengan pengertiannya maka salah satu fungsi KKM adalah sebagai target yang harus dicapai oleh siswa untuk memperoleh kelulusan untuk setiap mata pelajaran.
Dalam perhitungan KKM setiap guru harus menetapkan/mempertimbangkan setiap aspek yang menjadi kriteria, misalkan intake (kemampuan dasar siswa terhadap materi).
Sebagian guru mungkin semua guru (hehe) mengambil nilai intake dari nilai siswa pada semester sebelumnya, sehingga yang akhirnya disimpulkan yang menjadi kriteria "Intake" adalah rata-rata nilai rapor siswa pada semester sebelumnya.
Nah,,, Apakah hal yang demikian masuk akal? tentu kita punya jawaban masing-masing.
Pertama: KKM adalah kriteria nilai terendah.
Kedua: Kriteria di ambil dari rata-rata nilai siswa.
Menurut saya kedua pernyataan diatas kontradiksi, dan akan menimbulkan hal yang negatif, kenapa bisa?
Jika yang diambil nilai rata-rata maka secara statistik sudah pasti ada nilai dibawah rata-rata. Jadi seberapa pun keras usaha guru dan metode apapun yang digunakan maka tidak akan pernah siswanya bisa "tuntas" semua, karena akan selalu ada siswa yang nilainya dibawah KKM kecuali guru "berbaik hati".
Bukankah kalo pembelajaran bagus, nilai siswa bisa melewati KKM (anggap saja 75)?
Benar, tapi jangan salah jika nilai siswa tinggi maka "seharusnya" KKM juga naik, yang mengakibatkan "selalu" ada siswa yang nilainya dibawah KKM, lalu kenapa bisa lulus semua? maaf saya harus jawab lagi-lagi karena guru "berbaik hati"
KKM berdampak sangat buruk terhadap penilaian guru, antara lain:
1. Guru tidak tepat atau bahkan tidak bisa menghitung KKM.
2. Jika KKM sudah benar, sepintar apapun guru mengajar siswa tidak bisa "tuntas" semua.
3. KKM hanya lambang (tidak bermanfaat) karena guru selalu "berbaik hati"
Kesimpulannya KKM adalah Kriteria Ketidakjujuran Mendidik atau
Kriteria Kuasahati Mendidik
Renungan buat diri saya dan teman2 guru di seluruh Indonesia ,,,
oh ya .... Bagaimanakah pendapat Anda???

1 komentar:

  1. Apakah yang sudah guru lakukan itu sudah benar???

    Tidak berdosa kah kita terhadap semua yang kita lakukan buat kebaikan siswa kita masing-masing ...???

    BalasHapus