Minggu, 17 Agustus 2014

UPACARA HUT RI



UPACARA HUT RI
“17 AGUSTUS 2014

 

Assalammualaikum Wr. Wbr...
Teman – teman sekalian, hari ini adalah hari KEMERDEKAAN BANGSA KITA BANGSA INDONESIA. Tepatnya Tanggal 17 Agustus 1945, Bapak Ir. SOEKARNO dan Drs. MUHAMMAD  HATTA MEMPROKLAMASIKAN kemerdekaan Republik Indonesia. Itu menandakan bahwa seluruh rakyat mempersatukan persepsi, bertujuan satu dengan tegas semua rakyat ingin MERDEKA.
Walaupun hari ini hari minggu tgl 17 Agustus 2014, Semangat masyarakat BRANG REA KABUPATEN SUMBAWA BARAT – NTB juga ikut memeriahkan HUT RI Ke-69 dengan mengadakan upacara di Kantor Camat. Upacara yang langsung dipimpin oleh Camat Brang Rea berlangsung Khidmat, tetesan air mata baik dari camat dan peserta upacara tidak dapat dibendung, mengingat jasa para pahlawan yang sudah berjuang melawan Penjajah dengan tetes darah penghabisan. Hadir juga Peserta upacara yang terdiri dari anggota pemerintahan kecamatan, Bapak Ibu Guru, anak2 Pelajar, masyarakat, dan masih banyak yang lainnya.
         Setiap memperingati hari kemerdekaan INDONESIA yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus, di kantor pemerintah maupun swasta, sekolah, maupun tempat lainnya pasti akan diadakan upacara bendera. Bahkan meski jatuh di hari minggu sekalipun, peringatan kemerdekaan dengan upacara bendera ini pasti berlangsung karena untuk mengenang kemerdekaan bangsa INDONESIA yang diperoleh dengan perjuangan dan bukan pemberian dari negara penjajahnya. 

            Jika diresapi, melakukan upacara bendera ini sebenarnya memiliki makna yang sangat dalam karena dapat membuat kita mengenang jasa PARA PAHLAWAN KEMERDEKAAN dalam berjuang meraih kemerdekaan dan apa yang seharusnya menjadi bagian kita saat ini sebagai generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan. Setiap prosesi upacara bendera seperti saat menaikkan sang SANG MERAH PUTIH, pembacaan teks Proklamasi, Pancasila maupun Pembukaan UUD 1945 merupakan rangkaian bagaimana tidak mudahnya sebuah bangsa merdeka berdiri.

           Tongkat estafet negeri yang akan berusia 69 tahun ini ada di tangan anda dan saya, menjadi sebuah pertanyaan bagi kita, masihkah ada rasa nasionalisme dalam diri kita untuk bangga terhadap BANGSA INDONESIA  dan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang adil, makmur dan sejahtera ? Jika jawaban “Ya”, maukah kita memulainya dari bentuk nasionalisme yang sederhana yaitu mengikuti UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT RI 17 AGUSTUS ???



Terima kasih Tanah Airku 
By :
MUHAMMAD  KASYUDIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar